Artikel Terbaru
Dikirim: 24 April 2013

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga high impact. Kejadian cedera pada saat berolahraga basket...

Dikirim: 16 March 2013

Akhir-akhir ini dilaporkan terjadi peningkatan kejadian stress pada anak-anak...

Dikirim: 18 February 2013

Pemanasan adalah hal yang rutin dilakukan oleh olahragawan profesional sebelum...

index artikel

Artikel Kesehatan

APAKAH ITU OTOT HAMSTRING
Dikirim: 15 January 2013

Barangkali diantara kita sering kali mendengar tentang cedera hamstring atau bahkan pernah mengalami cedera hamstring ketika melakukan olahraga. Pada artikel sebelumnya di web ini telah saya jelaskan secara singkat tentang apakah itu cedera Hamstring. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara lebih detail tentang otot-otot hamstring tersebut.

Istilah Hamstring adalah istilah untuk menyebutkan kumpulan beberapa otot yang terdapat pada paha bagian belakang. Sebenarnya tidak ada otot yang memiliki nama Hamstring. Dikatakan kumpulan otot-otot Hamstring karena memang terdiri dari tiga macam otot yang kesemuanya memiliki nama yang berbeda-beda. Kumpulan otot-otot yang menyusun otot Hamstring adalah :


  1. Otot Biceps Femoris

  2. Otot Semimembranosus

  3. Otot Semitendinosus


Ketiga Otot diatas terletak dibawah pantat atau pada pangkal paha bagian belakang menempel pada bagian bawah tulang pinggul. Ketiga otot tersebut pada bagian pangkal berkumpul dan menempel pada satu tempat yang sama disebut Ischial Tuberosity. Terdapat jaringan lunak yang disebut tendon (Hamstring Tendon) yang memiliki fungsi sebagai jaringan penghubung antara serabut otot-otot hamstring dan permukaan tulang pinggul (Ischial Tuberosity) yang menjadi tempat menempelnya otot Hamstring. Tendon Hamstring merupakan salah satu bagian dari otot hamstring yang bisa terjadi cedera berupa robekan, baik robekan sebagian maupun robekan seluruhnya.

hamstring tendon tear

Setelah otot Hamstring melekat pada bagian bawah tulang pinggul, otot hamstring berjalan memanjang sepanjang tulang paha. Pada pertengahan tulang paha, otot-otot hamstring berpisah dan berjalan melekat pada kedua sisi lutut. Otot Biceps Femoris menuju ke sisi luar sendi lutut (lutut sebelah kanan) dan menempel pada sisi atas tulang fibula. Sedangkan otot semitendinosus dan semimembranosus berjalan menuju ke sisi dalam sendi lutut (sisi sebelah kiri lutut) dan menempel pada tulang Tibia

hamstring muscle

Jika kita melihat tempat perlekatan otot-otot hamstring yaitu di tulang pinggul pada bagian pangkal otot hamstring dan melekat di tulang tibia-fibula pada bagian ujung otot hamstring, maka kita bisa membayangkan fungsi dari otot hamstring ketika otot-otot tersebut berkontraksi. Otot-otot hamstring ini berfungsi untuk meluruskan/menarih paha menuju ke arah belakang serta berfungsi menekuk sendi lutut.


Halaman sebelumnya    Indeks Artikel