Artikel Terbaru
Dikirim: 24 April 2013

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga high impact. Kejadian cedera pada saat berolahraga basket...

Dikirim: 16 March 2013

Akhir-akhir ini dilaporkan terjadi peningkatan kejadian stress pada anak-anak...

Dikirim: 18 February 2013

Pemanasan adalah hal yang rutin dilakukan oleh olahragawan profesional sebelum...

index artikel

Artikel Kesehatan

Olah raga selama 30 menit setiap hari lebih baik daripada selama satu jam
Dikirim: 31 August 2012

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Physiology, 30 menit setiap hari jika digunakan untuk berolahraga mempunyai tingkat efektifitas yang sama dengan jika dilakukan selama 60 menit.


Penilitian yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Universitas Kopenhagen, meneliti 60 laki-laki gemuk tetapi sehat selama 13 minggu. Sebanyak 30 partisipan ditugaskan untuk melakukan olahraga selama satu jam tiap harinya dengan menggunakan alat monitor denyut jantung dan pengukur kalori. Sedangkan 30 partisipan lainnya mendapat tugas berolah raga selama 30 menit tiap harinya. Tim peneliti menemukan bahwa durasi 30 menit tiap harinya sudah cukup untuk menurunkan berat badan.


Mads Rosenkilde, Ph.D. Salah satu peneliti mengatakan : rata-rata tiap laki-laki yang berolah raga selama 30 menit tiap hari mengalami penurunan badan sebanyak 3.6 kg dalam waktu 3 bulan. Sedangkan yang berolah raga selama satu jam penuh hanya turun 2.7 kg.


Rosenklide melanjutkan : Kelompok partisipan yang berolah raga selama 30 menit tiap hari mampu membakar kalori dalam tubuhnya lebih banyak dari seharusnya jika dilihat dari program latihan yang diberikan. Sebaliknya, kelompok partisipan yang berolah raga selama satu jam tiap harinya tidak memberikan peningkatan jumlah pembakaran kalori.


Menurut para peneliti, salah satu penjelasan terhadap temuan mereka adalah melakukan olah raga selama setengah jam sangatlah mudah dikerjakan, sehingga kelompok peserta masih meliliki hasrat dan semangat untuk melanjutkan aktifitas setelah melesaikan jadwal olahraganya. Lebih lanjut lagi, mereka yang berolah raga selama satu jam penuh cenderung mengalami penurunan aktifitas dan mungkin juga mengalami peningkaan konsumsi makanan.


Salah satu skenario yang tidak kalah pentingnya adalah jika olahraga tersebut menghabiskan waktu maka orang tersebut akan cenderung tidak bisa mengguakan waktunya untuk istirahat dan kembali bekerja lagi.


Halaman sebelumnya    Indeks Artikel