Artikel Terbaru
Dikirim: 24 April 2013

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga high impact. Kejadian cedera pada saat berolahraga basket...

Dikirim: 16 March 2013

Akhir-akhir ini dilaporkan terjadi peningkatan kejadian stress pada anak-anak...

Dikirim: 18 February 2013

Pemanasan adalah hal yang rutin dilakukan oleh olahragawan profesional sebelum...

index artikel

Artikel Kesehatan

Olahraga Bisa Menolong Pasien Kanker, Namun Sedikit Dokter Onkologi yang Menganjurkannya
Dikirim: 09 September 2012

Berbagai macam penelitian telah dilakukan dan menunjukkan efek positif olahraga bagi perawatan dan pemulihan pasien kanker. Bagi pasien yang telah menjalani pengobatan kanker payudara atau kanker usus, olahraga secara teratur terbukti mampu menurunkan tingkat kekambuhan sampai 50%. Akan tetapi banyak pasien kanker yang merasa keberatan dan tidak berminat untuk mengkonsultasikannya pada dokter onkologi (ahli kanker) yang merawatnya, menurut penelitian yang diterbitkan di Jurnal Pain and Symptom Management

Penelitian ini merupakan rangkain penelitian yang mempelajari  tingkat pengetahuan penderita kanker tentang olahraga. Bagi pasien yang memang rutin berolahraga sebelum didiagnosa kanker, mereka akan terus berolahraga secara rutin. Sebaliknya, bagi yang tidak terbiasa berolahraga, mereka cenderung menghindari olahraga setelah didiagnosa mengidap kanker. Selain itu, banyak pasien yang memiliki anggapan bahwa kegiatan berkebun atau bersih-bersih sama halnya berolahraga. 

Banyak pasien yang tidak mengetahui bahwa penurunan aktivitas atau kurang aktivitas, menyebabkan melemahnya sistem pertahanan tubuh sehingga memudahkan munculnya gejala-gejala kanker. Selain itu, peneliti juga menemukan fakta bahwa penderita kanker akan menjalankan anjuran berolahraga jika diberikan secara langsung oleh dokter onkologi yang merawatnya. Namun kebanyakan pasien tidak pernah mendapatkan anjuran secara langsung mengenai bagaimana olahraga mampu meningkatkan kualitas hidupnya selama pengobatan kanker.

Olahraga secara teratur mampu meningkatkan mobilitas pasien, membuat mereka menikmati aktivitas sehari-hari dan menjaga mereka dari rasa terpenjara di dalam rumah. Hal itu semua memiliki kontribusi yang sangat besar pada perasaan dan kekuatan secara umum, kelelahan terkait kanker dan memperbaiki kualitas tidur.Para peneliti berrencana untuk mempelajari makna berolahraga bagi pasien dalam hal meningkatkan pemulihan dan mencegah timbulnya gejala lanjut. 



Halaman sebelumnya    Indeks Artikel