Artikel Terbaru
Dikirim: 24 April 2013

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga high impact. Kejadian cedera pada saat berolahraga basket...

Dikirim: 16 March 2013

Akhir-akhir ini dilaporkan terjadi peningkatan kejadian stress pada anak-anak...

Dikirim: 18 February 2013

Pemanasan adalah hal yang rutin dilakukan oleh olahragawan profesional sebelum...

index artikel

Artikel Kesehatan

Apakah Itu Persendian Dan Nyeri Sendi ?
Dikirim: 28 January 2013

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai otot hamstring. Kali ini kita akan membahas tentang persendian serta nyeri sendi. Saya kira semua orang telah paham apa itu persendian, apalagi saat kita SMA terdapat pelajaran yang membahas tentang persendian. Persendian memiliki pengertian titik atau tempat bertemunya dua tulang atau lebih. Tentunya kita sudah tahu kalo tubuh kita disusun oleh berbagai macam tulang-belulang. Maka ketika tulang-tulang yang berbeda bertemu di situlah dikatakan sendi atau persendian.

 

Persendian pada manusia tersusun oleh berbagai komponen. Selain tersusun oleh tulang dan otot, persendian juga dibentuk oleh tendon, ligamen, tulang rawan dan cairan sendi. Komponen-komponen tersebut berkumpul dan bekerja sesuai fungsinya sehingga membentuk sistem persendian yang menyebabkan manusia bisa melakukan gerakan-gerakan secara kuat dan stabil.

Pada semua olahragawan, baik profesional maupun rekreasional, membutuhkan sistem persendian yang sehat agar mampu menjalani latihan atau pertandingan secara optimal. Kelainan pada salah satu atau lebih dari komponen pembentuk persendian akan mengakibatkan menurunnya performa pemain. Gejala utama yang paling sering muncul jika terjadi ganguan persendian adalah timbulnya rasa nyeri.

sports performance

Rasa nyeri yang timbul pada persendian bisa berasal dari berbagai macam sebab. Radang sendi merupakan penyebab yang paling sering ditemui ketika terjadi keluhan nyeri atau sakit pada persendian yang berkepanjangan. Radang sendi terjadi akibat kerusakan pada lapisan tulang rawan pelindung tulang.

Persendian

Pada pertemuan dua tulang, ujung-ujung tulang yang bertemu dilindungi oleh lapisan tulang rawan dan cairan pelumas yang disebut cairan sendi. Pada kondisi normal, pergerakan dan pergesekan kedua tulang akan terjadi dengan mudah dan lancar karena bantuan tulang rawan yang empuk dan cairan pelumas sendi. Ketika terjadi kerusakan ligamen/tendon, benturan yang sangat keras pada lutut dan memaksakan untuk tetap melakukan olahraga ketika terjadi cedera lutut, maka lapisan  tulang rawan pelindung sendi akan mengalami kerusakan dan menjadi radang. Hal ini jika tidak segera dilakukan penanganan akan mengakibatkan kerusakan sendi yang parah sehingga membutuhkan tindakan operatif untuk memperbaikinya.


Halaman sebelumnya    Indeks Artikel