Artikel Terbaru
Dikirim: 24 April 2013

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga high impact. Kejadian cedera pada saat berolahraga basket...

Dikirim: 16 March 2013

Akhir-akhir ini dilaporkan terjadi peningkatan kejadian stress pada anak-anak...

Dikirim: 18 February 2013

Pemanasan adalah hal yang rutin dilakukan oleh olahragawan profesional sebelum...

index artikel

Artikel Kesehatan

Pemanasan Yang Cukup Mampu Menurunkan Angka Cedera Pada Remaja Putri
Dikirim: 18 February 2013

Pemanasan adalah hal yang rutin dilakukan oleh olahragawan profesional sebelum berlatih maupun bertanding. Hal ini dilakukan untuk menjaga sang pemain agar terhindar dari cedera yang tidak diinginkan. Lain halnya dengan olahragawan atau atllet profesional, masyarakat awam khususnya remaja putri seringkali tidak melakukan pemanasan yang cukup sebelum melakukan olahraga.

Kantor berita Reuters melansir sebuah penelitian dari sejumlah peneliti di Amerika serikat yang mengungkapkan bahwa terjadi penurunan insiden cedera pada remaja putri yang melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Para ilmuwan mengatakan bahwa cara ini (pemanasan) adalah cara yang paling murah dan efektif dalam menurunkan angka kejadian cedera pada remaja putri akibat olahraga.

Kejadian cedera akibat olahraga pada remaja putri ternyata cukup banyak disebabkan oleh cedera non-kontak. Artinya cedera ini tidak diakibatkan oleh benturan antar pemain atau terjadi kontak fisik, melainkan cedera yang disebabkan kurang siapnya otot dan ligamen dari beban berat. Contoh dari cedera ini seperti cedera ligamen ACL atau cedera engkel pada remaja putri yang bermain basket.

Selama masa pubertas, baik remaja putra maupun remaja putri mengalami peningkatan yang signifikan dalam hal tingi badan. Namun, remaja putri tidak mengalami penguatan otot yang sama seperti halnya remaja putra. Karena ketidakseimbangan ini lah remaja putri memiliki resiko cedera 2-10 kali lebih besar jika dibandingkan remaja putra. Satu hal yang perlu diingat adalah, ketidakseimbangan ini bisa diatasi dengan latihan penguatan otot yang cukup, dalam hal ini adalah pemanasan.


Halaman sebelumnya    Indeks Artikel