Artikel Terbaru
Dikirim: 24 April 2013

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga high impact. Kejadian cedera pada saat berolahraga basket...

Dikirim: 16 March 2013

Akhir-akhir ini dilaporkan terjadi peningkatan kejadian stress pada anak-anak...

Dikirim: 18 February 2013

Pemanasan adalah hal yang rutin dilakukan oleh olahragawan profesional sebelum...

index artikel

Artikel Kesehatan

Dikirim: 08 July 2012

Mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita jika mendengar kata USG. Baik orang awam maupun kalangan medis tentu sering mendengar bahkan membicarakan kata USG. Sama halnya dengan pemeriksaan rontgen (sinar-x) CT Scan dan MRI, USG  juga termasuk alat pemeriksaan berupa pencitraan (imaging) yang membantu dokter untuk melihat ke dalam tubuh manusia. Berbeda dengan pemeriksaan rontgen dan CT-Scan yang menggunakan teknologi radioaktif, pemeriksaan USG menggunakan gelombang suara sehingga memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Selama ini pemeriksaan USG yang lebih dikenal di masyarakat berkisar pada pemeriksaan kehamilan oleh dokter kandungan atau pemeriksaan penyakit dalam. Namun sesungguhnya pemeriksaan Ultrasonografi (USG) juga memiliki peran yang cukup besar pada penanganan cedera olahraga.


Dikirim: 05 June 2012

Artroskopi adalah prosedur rutin yang sering dilakukan dimana bertujuan melihat ke dalam sendi lutut menggunakan kamera video berukuran kecil. Tindakan artroskopi memberikan penglihatan yang jelas keadaan di dalam sendi lutut. Tindakan ini sangat membantu dokter untuk menegakkan diagnosa serta merencanakan pengobatan pada masalah-masalah yang terjadi pada lutut. 


Dikirim: 22 May 2012

Pemeriksaan X-Rays pertama kali ditemukan pada tahun 1895 oleh seorang ahli fisika bernama Roentgen. X-ray digunakan untuk melihat struktur di dalam tubuh manusia.


Dikirim: 08 May 2012

Magnetic Resonance Imaging atau disingkat dengan MRI adalah tehnik pencitraan (gambaran) dalam dunia kesehatan dengan menggunakan gelombang magnet. MRI digunakan pada bidang radiologi untuk mendapatkan gambaran bagian dalam tubuh kita dengan berbagai sudut pandang


Dikirim: 24 April 2012

Diagnosa suatu penyakit merupakan hal yang paling mendasar dalam pengobatan dan pemulihan cedera olahraga. Segala bentuk terapi yang diberikan oleh tenaga medis harus berpatokan kepada diagnosa yang telah ditentukan. Oleh sebab itu  penentuan diagnosa yang tepat menjadi sangat penting bagi kepentingan penyembuhan penderita.
Seorang tenaga medis telah dibekali dengan kemampuan klinis pemeriksaan cedera olahraga agar dapat menentukan diagnosa cederaa dengan benar. Namun tetap diperlukan pemeriksaan penunjang untuk meningkatkan akurasi dari diagnosa yang akan ditentukan.



First <<   >> Last