Artikel Terbaru
Dikirim: 24 April 2013

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga high impact. Kejadian cedera pada saat berolahraga basket...

Dikirim: 16 March 2013

Akhir-akhir ini dilaporkan terjadi peningkatan kejadian stress pada anak-anak...

Dikirim: 18 February 2013

Pemanasan adalah hal yang rutin dilakukan oleh olahragawan profesional sebelum...

index artikel

Artikel Kesehatan

Artroskopi Lutut. (Knee Arthroscopy )
Dikirim: 05 June 2012

Artroskopi adalah prosedur rutin yang sering dilakukan dimana bertujuan melihat ke dalam sendi lutut menggunakan kamera video berukuran kecil. Tindakan artroskopi memberikan penglihatan yang jelas keadaan di dalam sendi lutut. Tindakan ini sangat membantu dokter untuk menegakkan diagnosa serta merencanakan pengobatan pada masalah-masalah yang terjadi pada lutut. 
Perkembangan teknologi yang semakin pesat memungkinkan adanya kamera dengan resolusi tinggi serta layar monitor dengan tampilan yang tajam dan alami. Berbagai macam perkembangan teknologi lainnya juga ikut membuat tindakan artroskopi menjadi tindakan yang sangat efektif dalam pengobatan masalah pada lutut. Menurut data yang dimiliki Perhimpunan Dokter Ortopedi Amerika (American Orthopaedic Society For Sport Medicine) terdapat empat juta tindakan Artroskopi Sendi Lutut setiap tahun di seluruh dunia.

Pengertian Artroskopi Lutut

Artroskopi adalah suatu prosedur pemeriksaan yang menggunakan kamera khusus berukuran kecil untuk melihat ke dalam sendi lutut. Artroskopi dapat dilakukan melalui irisan kecil pada lutut. Selama prosedur berjalan, dokter ortopedi akan memasukkan artroskop (sebuah kamera kecil dengan ukuran sebesar pensil) ke dalam sendi lutut pasien. Artroskop menangkap gambar yang ada didalam sendi lutut kemudian ditampilkan pada layar monitor. Dokter ortopedi mampu melihat dengan jelas keadaan di dalam sendi lutut melalui layar monitor.Dokter ortopedi juga mampu merasakan, memperbaiki atau mengambil jaringan yang rusak pada sendi lutut menggunakan prosedur artroskopi. Pada prosedur ini, dokter ortopedi akan memasukkan satu alat lagi dengan ukuran yang hampir sama seperti artroskop melalui irisan yang lain pada lutut.

Persiapan Pasien Sebelum Tindakan Artroskopi

Jika anda memutuskan untuk melakukan pemeriksaan Artroskopi lutut, maka anda akan menjalani pemeriksaan fisik secara lengkap terlebih dahulu. Dokter yang melakukan pemeriksaan kesehatan akan menilai status kesehatan serta apakah ada masalah kesehatan yang mungkin mengganggu prosedur pemeriksaan Artroskopi. Sebelum menjalani prosedur pemeriksaan, tanyalah pada dokter ortopedi yang akan memeriksa anda tentang obat-obatan yang harus dihentikan menjelang pemeriksaan. Untuk mendukung data-data kesehatan tentang kesiapan prosedur pemeriksaan Artroskopi lutut, dokter ortopedi mungkin akan melakukan tes pra-operasi seperti tes darah dan rekam jantung (EKG)

Prosedur Artroskopi Lutut 
Hampir semua pemeriksaan artroskopi lutut dilakukan secara rawat jalan. Pasien tidak diperlukan untuk menginap di rumah sakit kecuali untuk keadaan-keadaan khusus.

Kedatangan

Dokter ortopedi atau pihak rumah sakit akan menghubungi anda mengenai jadwal pemeriksaan. Anda akan diminta untuk datang tepat waktu. Jangan makan atau minum paling tidak 8 jam sebelum pemeriksaan.

Pembiusan / Anestesi

Ketika anda datang, dokter anestesi akan berbicara kepada anda mengenai prosedur pembiusan / anestesi yang anda inginkan. Pemeriksaan artroskopi dapat dilakukan dengan pembiusan lokal, regional atau bius total (tidak sadar).


  • Bius lokal : mati rasa hanya pada lutut

  • Bius Regional : mati rasa pada pinggang ke bawah sampai ujung kaki

  • Bius total : mati rasa seluruh tubuh dengan cara pasien tertidur tidak sadarkan diri.


Dokter anastesi akan membantu anda untuk memilih berbagai pilihan pembiusan yang dilakukan. Namun jika anda memilih untuk dilakukan pembiusan lokal atau regional maka anda masih bisa melihat prosedur artroskopi dari layar monitor.

Prosedur

Dokter ortopedi akan melakukan sayatan kecil pada lutut anda. Sejumlah cairan steril dimasukkan kedalam sendi lutut untuk mengisi ruangan didalam sendi lutut dan membersihkannya dari cairan dan gumpalan darah. Hal ini membantu dokter ortopedi agar bisa melihat lebih jelas kedalam ruang sendi.

Tujuan utama dokter ortopedi melakukan prosedur artroskopi adalah untuk menegakkan diagnosa pada masalah yang terjadi pada lutut anda. Artroskop yang dimasukkan ke dalam sendi lutut akan menampilkan keadaan sendi lutut anda secara jelas. Jika diperlukan, dokter ortopedi dapat melakukan tindakan bedah untuk mengatasi masalah yang ada di dalam lutut anda. Hal ini dilakukan dengan cara memasukkan alat lain dengan ukuran yang sangat kecil pada sayatan lain di lutut anda. Alat ini dapat berupa gunting, laser atau instrumen bedah lainnya.

artroskopi lutut

Pelaksanaan prosedur artroskopi biasanya berlangsung antara 30 menit sampai satu jam. Waktu yang dibutuhkan juga bergantung temuan yang didapat serta tindakan bedah yang dilakukan. Prosedur Artroskopi sendi lutut biasanya dilakukan pada kasus-kasus :


  • Pembuangan atau perbaikan dari meniscus yang robek

  • Rekonstruksi ligamen cruciatum anterior yang robek

  • Pengambilan pecahan tulang sendi

  • Pembuangan jaringan sendi yang mengalami radang


Setelah dilakukan prosedur artroskopi, dokter ortopedi akan menjahit luka sayatan serta membungkus luka dengan perban. Kemudian anda akan dipindahkan ke ruang pemulihan dan akan pulang dalam waktu 1-2 jam (jima pembiusan dilakukan secara bius total pemulihan dapat lebih lama). Pemulihan secara umum lebih cepat pada prosedur artroskopi jika dibandingkan dilakukan bedah pada lutut secara konvensional. Namun anda harus tetap memperhatikan instruksi dokter ortopedi anda mengenai perawatan di rumah.


Halaman sebelumnya    Indeks Artikel