Artikel Terbaru
Dikirim: 24 April 2013

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga high impact. Kejadian cedera pada saat berolahraga basket...

Dikirim: 16 March 2013

Akhir-akhir ini dilaporkan terjadi peningkatan kejadian stress pada anak-anak...

Dikirim: 18 February 2013

Pemanasan adalah hal yang rutin dilakukan oleh olahragawan profesional sebelum...

index artikel

Artikel Kesehatan

Ultrasonografi (USG) Sebagai Alat Pemeriksaan Cedera Olahraga
Dikirim: 08 July 2012

Mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita jika mendengar kata USG. Baik orang awam maupun kalangan medis tentu sering mendengar bahkan membicarakan kata USG. Sama halnya dengan pemeriksaan rontgen (sinar-x) CT Scan dan MRI, USG  juga termasuk alat pemeriksaan berupa pencitraan (imaging) yang membantu dokter untuk melihat ke dalam tubuh manusia. Berbeda dengan pemeriksaan rontgen dan CT-Scan yang menggunakan teknologi radioaktif, pemeriksaan USG menggunakan gelombang suara sehingga memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Selama ini pemeriksaan USG yang lebih dikenal di masyarakat berkisar pada pemeriksaan kehamilan oleh dokter kandungan atau pemeriksaan penyakit dalam. Namun sesungguhnya pemeriksaan Ultrasonografi (USG) juga memiliki peran yang cukup besar pada penanganan cedera olahraga.
Ultrasonografi memiliki manfaat yang sangat tinggi dalam pemeriksaan jaringan tulang dan otot (musculoskeletal). Pemeriksaan ini mampu mendeteksi adanya permasalahan pada otot, tendon, ligamen, persendian dan jaringan lunak. Beberapa pengambilan gambar berkala dapat menghasilkan gambaran cedera secara real time, sehingga mampu menilai pergerakan serta fungsi kerja dari sistem otot dan sendi. Ultrasonografi juga mampu menilai derajat kerusakan suatu jaringan setelah terjadi cedera, begitu juga derajat penyembuhannys setelah menjalani pengobatan.
Pelayanan Pemeriksaan
Pemeriksaan USG (ultrasonografi) yang dilakukan di Malang Sport Clinic dilakukan oleh Dokter Spesialis Radiologi yang terlatih terutama dalam bidang cedera olahraga. Pemeriksaan dilakukan secara cepat dan dalam kondisi yang nyaman sehingga mampu menunjukkan gambaran kondisi jaringan tubuh yang mengalami cedera secara akurat.
Kenapa Harus Menggunakan Ultrasonografi ( USG ) 
Semua pemeriksaan pencitraan mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing. Keunggulan utama dari pemeriksaan USG adalah kemampuannya yang sangat bagus dalam menilai jaringan lunak, baik jaringan lunak yang sehat maupun yang mengalami kerusakan seperti robekan tendon/otot. Pemeriksaan USG juga mampu menunjukkan adanya timbunan cairan dan darah abnormal di rongga sendi maupun di dalam otot. Pelaksanaannya yang cukup mudah dan bisa dilakukan secara real time membuat pemeriksaan USG dapat menghasilkan gambaran yang diinginkan dengan kualitas yang bagus. Selain digunakan sebagai alat pemeriksaan, USG juga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam melakukan tindakan seperti penyuntikan ke dalam sendi dan tindakan-tindakan lain yang membutuhkan tingkat presisi yang sangat tinggi.
Keuntungan 
Pemeriksaan USG tidak menimbulkan rasa sakit serta tidak infasiv. Biaya pemeriksaan relatif lebih murah jika dibandingkan dengan CT-Scan dan MRI. Pemeriksaan USG juga terhindar dari bahaya radiasi karena menggunakan teknologi gelombang suara. Pemeriksaan USG juga tidak mempengaruhi adanya logam yang tertanam di dalam tubuh seperti plat dan skrup pada pasien patah tulang, atau susuk yang menggunakan logam.

Pemeriksaan USG pada cedera olahraga di Malang Sport Clinic dapat dilakukan setiap hari senin-jum'at pada jam kerja. Sedangkan Pelayanan Poliklinik Malang Sport Clinic oleh dokter ortopedi konsultan cedera olahraga pada hari senin dan rabu pukul 09.00-12.00 WIB.

Usg for Sport injury


Halaman sebelumnya    Indeks Artikel