Artikel Terbaru
Dikirim: 24 April 2013

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga high impact. Kejadian cedera pada saat berolahraga basket...

Dikirim: 16 March 2013

Akhir-akhir ini dilaporkan terjadi peningkatan kejadian stress pada anak-anak...

Dikirim: 18 February 2013

Pemanasan adalah hal yang rutin dilakukan oleh olahragawan profesional sebelum...

index artikel

Artikel Kesehatan

Pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging)
Dikirim: 08 May 2012

Magnetic Resonance Imaging atau disingkat dengan MRI adalah tehnik pencitraan (gambaran) dalam dunia kesehatan dengan menggunakan gelombang magnet. MRI digunakan pada bidang radiologi untuk mendapatkan gambaran bagian dalam tubuh kita dengan berbagai sudut pandang. Tidak seperti Foto rontgen dan CT Scan yang menggunakan radiasi, MRI menggunakan gelombang magnet untuk mendapatkan gambaran yang diinginkan sehingga memiliki tingkat keamanan yang tinggi bagi pasien.

Pemeriksaan MRI bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai jaringan didalam tubuh seperti otot, tendon dan berbagai organ. Gambaran foto yang dihasilkan oleh pemeriksaan MRI memiliki tingkat kontras yang lebih baik daripada CT Scan dan foto rontgen. Dengan tingkat kontras tersebut, memungkinkan gambaran MRI untuk menunjukkan berbagai jaringan lunak yang identik namun tidak sama. Tenaga medis dapat membedakan dengan mudah mana ligamen, tendon maupun otot dengan menggunakan pemeriksaan MRI. Selain memiliki kontras yang bagus, gambaran foto yang dihasilkan oleh MRI mampu memberikan gambaran tubuh yang diperiksa dari berbagai sisi. Bahkan dengan tehnologi terbaru telah memungkinkan pemeriksaan MRI menghasilkan gambaran tiga dimensi.

MRI ankle

Meskipun banyak sekali keunggulan pemeriksaan MRI jika dibandingkan CT Scan maupun Foto Rontgen/ X-Ray, pemeriksaan MRI juga mempunyai beberapa kekurangan. Biaya pemeriksaan MRI cenderung lebih mahal daripada CT Scan dan Foto X-Ray. Selain lebih mahal pemeriksaan MRI kurang bagus untuk menilai jaringan keras (tulang). Waktu pemeriksaan yang cukup lama dan tidak bisa digunakan pada pasien yang terdapat logam di dalam badannya (Pen, susuk dll).MRI knee

Pemeriksaan MRI akan dilakukan tergantung kepada kebutuhan dokter sebagai pemeriksa. Jika cukup dilakukan dengan foto rontgen dan CT Scan maka tidak akan dilakukan pemeriksaan MRI. Namun pada kasus-kasus tertentu, terutama yang melibatkan jaringan lunak seperti ligament dan tendon, maka pemeriksaan MRI mutlak harus dilakukan.


Halaman sebelumnya    Indeks Artikel