Artikel Terbaru
Dikirim: 24 April 2013

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga high impact. Kejadian cedera pada saat berolahraga basket...

Dikirim: 16 March 2013

Akhir-akhir ini dilaporkan terjadi peningkatan kejadian stress pada anak-anak...

Dikirim: 18 February 2013

Pemanasan adalah hal yang rutin dilakukan oleh olahragawan profesional sebelum...

index artikel

Artikel Kesehatan

Foto Roentgen / Sinar-X
Dikirim: 22 May 2012

Pemeriksaan X-Rays pertama kali ditemukan pada tahun 1895 oleh seorang ahli fisika bernama Roentgen. X-ray digunakan untuk melihat struktur di dalam tubuh manusia.
Hal ini dapat terjadi karena x-rays memiliki kemampuan menembus jaringan pada tubuh manusia. Semakin padat jaringan yang ada di dalam tubuh kita, seperti tulang, akan terlihat berwarna putih pada foto x-ray. Hal ini disebabkan karena lebih banyak menahan sinar yang menembus tubuh kita. Jaringan lunak seperti lemak dan otot, memiliki struktur yang lebih longgar sehingga lebih mudah ditembus oleh sinar x-ray. Besarnya intensitas/jumlah sinar yang menembus tubuh kita mempengaruhi lembaran film yang terletak di bawah tubuh pasien yang diperiksa. Seperti halnya film pada kamera, jika terpapar sinar maka akan berwarna hitam karena terbakar. Jika sinar yang masuk terhalang suatu benda maka akan berwarna putih. Semakin tebal penghalang yang menghalangi laju sinar-x maka semakin putih gambaran yang muncul di foto sinar-x.
Sebelum kita menjalani pemeriksaan foto sinar-x, maka kita harus melepaskan berbagai logam yang melekat di tubuh. Jika yang diperiksa wanita, maka akan ditanyai apakah sedang mengandung atau tidak. Mesin sinar-x biasanya berbentuk tabung yang akan memancarkan sinar pada pasien yang diperiksa. Posisi pasien yang akan diperiksa, berada diantara tabung pemeriksa dan film dari foto sinar-x. Gambaran dari organ tubuh yang diperiksa akan tercetak pada film dari foto sinar-x yang ada dibalik tubuh pasien. Mirip dengan mekanisme kerja kamera foto. Alat pemeriksaan sinar-x yang banyak beredar sekarang sudah menggunakan teknologi digital, sehingga gambaran foto bisa tersimpan di dalam komputer. 
Untuk menghindari radiasi dari mesin sinar-x maka tempat pemeriksaan harus dilapisi pelindung. Pemeriksa juga akan mengenakan pakaian khusus sebagai pelindung. Paparan sinar-x memang mengandung radiasi meskipun sangat minimal. Bagaimanapun juga kemungkinan terjadinya kanker diakibatkan paparan sinar-x selalu ada bagi orang yang terpapar secara berlebihan. Namun kemungkinan itu sangat rendah mengingat satu kali pemeriksaan foto roentgen pasien akan terpapar radiasi sebesar 20 miliroentgen. Sementara rata-rata manusia tiap tahunnya terpapar radiasi sebesar lebih dari 100 miliroentgen dari radiasi sinar matahari.


Halaman sebelumnya    Indeks Artikel