Artikel Terbaru
Dikirim: 24 April 2013

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga high impact. Kejadian cedera pada saat berolahraga basket...

Dikirim: 16 March 2013

Akhir-akhir ini dilaporkan terjadi peningkatan kejadian stress pada anak-anak...

Dikirim: 18 February 2013

Pemanasan adalah hal yang rutin dilakukan oleh olahragawan profesional sebelum...

index artikel

Artikel Kesehatan

Kinesio Tape
Dikirim: 04 July 2012

Apakah anda mengikuti pertandingan sepakbola Euro 2012 kemarin?jika iya, mungkin anda melihat salah satu pemandangan unik ketika striker timnas Italia Mario Baloteli melepaskan pakaian saat merayakan golnya. Terdapat tempelan tiga buah stiker berbentuk pita menempel di punggung sebelah bawah dari sang pemain. Jika anda bertanya-tanya kenapa sang pemain harus menempeli punggungnya dengan stiker?apakah untuk aksesoris atau untuk tujuan yang lain??

Stiker tersebut memang terpasang dengan tujuan tertentu dan bukan stiker biasa. Di dunia kedokteran olahraga dikenal dengan nama “Kinesio Tape”. Kinesio tape diperkenalkan oleh Dr. Kenzo Kase pada tahun 1970an. Dr. Kenzo adalah seorang chiropractor dari jepang. Metode “taping” atau aplikasi sebuah perban/pita pada tubuh manusia sebenarnya sudah diterapkan jauh-jauh sebelum penemuan Kinesio Tape oleh Dr. Kenzo. Metode ini dilakukan dengan meletakkan atau membungkus daerah tertentu di tubuh kita (terutama daerah dengan persendian) agar terjadi stabilitas antara otot, tulang dan sendi. Selain itu aplikasi Sport taping dapat memberikan stimulasi pada jaringan syaraf agar mengurangi rasa nyeri pada bagian tersebut.

sport taping

Tujuan dari aplikasi kinesio tape sebenarnya sama dengan sport taping sebelumnya yaitu menjaga kestabilan otot dan sendi sehingga menghindarkan dari cedera dan memulihkan cedera lebih cepat. Perbedaan teknik kinesio tape dengan sport taping sebelumnya adalah tidak terjadi pengurangan atau pembatasan ROM (Range of Motion) sehingga seorang atlet tidak mengalami gangguan pada performa permainannya. Pada kinesio tape, terjadi peningkatan sirkulasi darah pada otot dan kulit, selain itu terjadi penekanan pada reseptor nyeri sehingga mengurangi rasa sakit yang dialami atlet tersebut. Selain Mario baloteli, kipper timnas Italia juga terlihat mengenakan Kinesio tape.


Halaman sebelumnya    Indeks Artikel