Artikel Terbaru
Dikirim: 24 April 2013

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga high impact. Kejadian cedera pada saat berolahraga basket...

Dikirim: 16 March 2013

Akhir-akhir ini dilaporkan terjadi peningkatan kejadian stress pada anak-anak...

Dikirim: 18 February 2013

Pemanasan adalah hal yang rutin dilakukan oleh olahragawan profesional sebelum...

index artikel

Artikel Kesehatan

Manfaat Terapi Air (Hidrotherapy) Pada Penanganan Cedera Olahraga
Dikirim: 15 November 2012

Terapi air (Hidrotherapy / Aquatic Therapy) atau terapi kolam renang merupakan program latihan fisik yang dilakukan di dalam air atau di kolam renang. Terapi ini merupakan salah satu bentuk terapi yang memiliki manfaat pada berbagai kondisi medis. Terapi air (Hidrotherapy) memanfaatkan sifat fisik dari air untuk membantu pasien dalam hal penyembuhan dan meningkatkan kondisi fisik.

Salah satu keuntungan Terapi air (Hidrotherapy) adalah adanya daya apung atau gaya dorong yang dimiliki oleh air. Ketika tubuh pasien masuk kedalam air, maka daya apung atau gaya dorong yang dimiliki air akan mengangkat dan meringankan beban tubuh pasien. Penurunan berat badan yang harus di topang oleh pasien ketika berada di dalam air akan menurunkan tekanan pada sendi-sendi maupun otot. Hal ini sangat bermanfaat bagi pasien dengan gangguan infeksi sendi (arthritis), penyembuhan patah tulang atau bagi pasien dengan obesitas.

Viskositas atau kekentalan yang dimiliki oleh air merupakan beban yang sangat ideal bagi pasien yang menjalani latihan fisik pada Terapi air (Hidrotherapy). Beban tersebut memungkinkan penguatan otot tanpa harus terbebani dengan berat tubuh pasien. Latihan fisik dengan mengunakan daya apung atau gaya dorong air memungkinkan seseorang untuk menguatkan beberapa kelompok otot dan menurunkan tekanan pada sendi-sendi yang mana tidak mungkin jika dilakukan di daratan.

aqua therapy

Terapi air (Hidrotherapy) juga memanfaatkan tekanan hidrostatik untuk mengurangi bengkak dan memperbaiki posisi sendi.  Tekanan hidrostatik juga ikut membantu mengurangi pembengkakan sendi dan jaringan lunak yang timbul setelah terjadi cedera.

Manfaat yang terakhir, kehangatan dari air saat dilakukan latihan fifik pada Terapi air (Hidrotherapy) akan membantu relaksasi otot, vasodilatasi pembuluh darah, meningkatkan aliran darah ke daerah yang cedera. Bahkan bagi pasien dengan kram otot, nyeri otot dan nyeri punggung, Terapi air (Hidrotherapy) bahkan bisa memberikan efek penyembuhan.

Keuntungan penggunaan hydrotherapy meliputi :

1. Mengurangi nyeri dan kekakuan

2. Menambah relaksasi otot.

3. Menambah kebugaran pada saat melakukan olahraga dan aktifitas lainnya.

4. Mempercepat penyembuhan

Namun yang harus diketahui, tidak semua pasien bisa menjalani Terapi air (Hidrotherapy). Orang-orang dengan gangguan jantung sebaiknya tidak mengikuti program Terapi air (Hidrotherapy). Lakukan konsultasi dengan dokter ahli kesehatan dan rehabilitasi sebelum memutuskan untuk melakukan Terapi air (Hidrotherapy). Malang Sport Clinic memiliki beberapa dokter ahli spesialis kesehatan dan rehabilitasi medis


Halaman sebelumnya    Indeks Artikel