Artikel Terbaru
Dikirim: 24 April 2013

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga high impact. Kejadian cedera pada saat berolahraga basket...

Dikirim: 16 March 2013

Akhir-akhir ini dilaporkan terjadi peningkatan kejadian stress pada anak-anak...

Dikirim: 18 February 2013

Pemanasan adalah hal yang rutin dilakukan oleh olahragawan profesional sebelum...

index artikel

Artikel Kesehatan

Operasi Total Knee Replacement / Penggantian Sendi Lutut
Dikirim: 17 December 2012

Total Knee Replacement atau yang disingkat dengan TKR adalah prosedur bedah yang dilakukan pada sendi lutut untuk mengganti bantalan tulang rawan pada sendi lutut dengan bantalan buatan yang terdapat dari besi. Tindakan TKR dilakukan ketika sendi lutut mengalami kerusakan yang amat berat akibat cedera olahraga ataupun radang sendi. Tindakan ini diambil ketika sudah dilakukan pengobatan ataupun penggunakan alat penyangga lutut namun sudah tidak efektif lagi.

Sendi lutut merupakan salah satu sendi pada tubuh manusia yang menerima beban berat karena menyangga berat tubuh. Seorang pemain atau atlet olahraga yang sering terjadi pergerakan sendi lutut atau benturan pada sendi lutut seperti pemain sepak bola, basket atau voli memiliki resiko tinggi terjadi cedera pada sendi lutut. Cedera yang tidak ditangani dengan baik akan berlanjut menjadi radang sendi menahun. Radang sendi inilah yang akan merusak bantalan pelapis tulang pada sendi lutut. Rusaknya bantalan ini akan menyebabkan nyeri yang luar biasa ketika sendi lutut bergerak dan menyangga beban tubuh.

Sendi lutut yang rusak dan sendi dari logam

Operasi TKR diperuntukkan pada orang-orang yang mengalami kerusakan pada sendi lutut menahun sehingga timbul nyeri hebat pada lutut baik ketika berjalan maupun istirahat. Selain itu operasi ini juga dilakukan pada kerusakan sendi lutut yang telah terjadi deformitas atau perubahan bentuk lutut menjadi tidak normal. Keluhan-keluhan tersebut telah dilakukan pengobatan dengan obat-obatan atau dengan injeksi tetapi tidak mampu memberikan kesembuhan. Tidak ada batasan umur maupun berat badan bagi orang-orang yang akan melakukan operasi TKR. Rata-rata usia pasien yang menjalani operasi ini berkisar antara 50-80 th.

Sebelum melakukan operasi ini, setiap pasien harus mengetahui dengan jelas prosedur yang akan dilakukan. 90 % pasien yang menjalani operasi TKR mengalami penurunan nyeri secara dramatis setelah operasi. Komplikasi dari operasi ini sangat kecil, dilaporkan kurang dari 2% pasien yang terjadi komplikasi. Di Amerika, operasi TKR merupakan salah satu jenis operasi yang memiliki tingkat kesuksesan tinggi.


Halaman sebelumnya    Indeks Artikel