Artikel Terbaru
Dikirim: 24 April 2013

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga high impact. Kejadian cedera pada saat berolahraga basket...

Dikirim: 16 March 2013

Akhir-akhir ini dilaporkan terjadi peningkatan kejadian stress pada anak-anak...

Dikirim: 18 February 2013

Pemanasan adalah hal yang rutin dilakukan oleh olahragawan profesional sebelum...

index artikel

Artikel Kesehatan

Dikirim: 24 April 2013

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga high impact. Kejadian cedera pada saat berolahraga basket sering terjadi. Reaksi awal tubuh pada cedera adalah reaksi radang (inflamasi).

Pada fase inflamasi, pemijatan merupakan tindakan yang salah dan akan semakin memperberat kerusakan. penanganan cedera olahraga pada fase awal ini secara umum memiliki prinsip DO RICER dan NO HARM.

Penanganan cedera olahraga yang tidak tepat dapat semakin memperparah kerusakan jaringan dan mengakibatkan kerusakan permanen yang sulit diobati.


Dikirim: 16 March 2013

Akhir-akhir ini dilaporkan terjadi peningkatan kejadian stress pada anak-anak Penelitian terbaru yang dilakukan oleh perkumpulan ahli endokrinologi mengungkapkan bahwa olahraga dapat membantu anak-anak agar terhindar dari stress. Penelitian tersebut menemukan bahwa anak-anak yang mempunyai aktivitas fisik (olahraga) yang rendah ketika mengalami peristiwa yang berat cenderung untuk memproduksi hormon cortisol lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak-anak yang memiliki aktivitas fisik (olahraga) yang tingi. Hormon kortisol adalah hormon yang dikaitkan dengan penyebab terjadinya stress pada anak-anak maupun dewasa.


Dikirim: 10 February 2013

Cedera pada jaringan lunak (otot, ligamen dll) seperti keseleo, otot tertarik atau memar, dapat di tangani sendiri secara cepat dengan menggunakan metode R.I.C.E. Metode ini sangat efektif dan bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama sebelum dibawa berobat ke tenaga medis. Metode ini lebih disarankan untuk dilakukan jika dibandingkan dengan tindakan pemijatan oleh tukang pijat/tukang urut.


Dikirim: 22 January 2013
Cedera lutut adalah salah satu cedera yang paling sering terjadi dalam olahraga. Ada banyak jenis cedera lutut dan salah satu yang kerap terjadi adalah robeknya ligamen lutut.Ligamen merupakan jaringan ikat yang menghubungkan tulang dengan tulang lainnya pada persendian. Keberadaan dan keutuhan ligamen ini penting dalam mempertahankan stabilitas sendi. Ada beberapa ligamen penting dalam lutut dan salah satu yang paling sering mengalami cedera adalah ligamen krusiatum anterior (ACL). Putusnya ligamen ini akan mengurangi stabilitas sendi dan menyulitkan atlit untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu.
Dikirim: 15 January 2013

Barangkali diantara kita sering kali mendengar tentang cedera hamstring atau bahkan pernah mengalami cedera hamstring ketika melakukan olahraga. Pada artikel sebelumnya di web ini telah saya jelaskan secara singkat tentang apakah itu cedera Hamstring. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara lebih detail tentang otot-otot hamstring tersebut.



First <<  1 [ 2 ] [ 3 ]   >> Last