Artikel Terbaru
Dikirim: 24 April 2013

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga high impact. Kejadian cedera pada saat berolahraga basket...

Dikirim: 16 March 2013

Akhir-akhir ini dilaporkan terjadi peningkatan kejadian stress pada anak-anak...

Dikirim: 18 February 2013

Pemanasan adalah hal yang rutin dilakukan oleh olahragawan profesional sebelum...

index artikel

Konsultasi Online

*) Isikan Kode Anti Spam

Erlin aditia purmitasari - Malang, Dikirim: 05 March 2017, 9 bulan lalu
Isi Konsultasi:
Selamat malam dok, sy erlin sebelumnya sy pernah jatuh dan lutut sy terdapat cairan dengan tindakan di ambil cairannya atau disedot kira" kerjadian tersebut sudah berlangsung 5 tahun yg lalu. Sekarang sy memiliki aktifitas berjalan dan berdiri yg sangat lama akhirnya lutut saya mulai muncul cairan lagi dan tindakannya di sedot lagi. Sewaktu sy konsul dengan dokter yg berbeda disarankan untuk artroskopi dengan diagnosa synovitis agar sisa sisa inflamasi segera dibersihkan. Yg saya tanyakan apakah sy perlu MRI dulu dok ?

Yth mbak Erlin,

Dalam kondisi normal, volume cairan sendi dalam lutut kita sekitar 3-5 cc berfungsi penting untuk lubrikasi dan nutrisi sendi. Dalam keadaan yang abnormal, apakah itu karena cedera atau faktor lainnya, produksi cairan ini dapat meningkat dan akan terasa mengganggu. Menyedot caran sendi yang berlebihan akan membantu mengurangi keluhan, namun sebaiknya kita mengetahui penyebab mengapa terjadi produksi cairan yang berlebihan tersebut sehingga bisa dilakukan terapi yang sesuai. Karena itu pemeriksaan MRI akan sangat membantu untuk menegakkan diagnosis dan selanjutnya dilakukan tindakan yang diperlukan.

Semoga info ini dapat membantu.

Malang Sports Clinic,

dr. Edi Mustamsir, SpOT


m iwan candra - blitar, Dikirim: 19 May 2016, 1 tahun lalu
Isi Konsultasi:
Pak docter, Saya cidera lutut sebelah kiri sewaktu main sepak bola. Sewaktu mau berbelok ke arah kanan secara tiba2 lutut sebelah kiri kesleo. Sampai sekarang sudah 3 th lutut masih belum stabil...kalau berlari dengan tumpuan berlebihan (berbelok ke kekanan) akan terjadi kesleo. Kira2 kelainan lutut mana yang terjadi , dan apa yang perlu di lakukan untuk memperbaikinya. Nb: umur saya 37 bb: 72kg tb: 167 cm. Terma kasih .

Yth mas Iwan,

Jika melihat keluhan mas Iwan, kelihatannya ligamen lutut kiri mas Iwan yang mengalami cedera. Ligamen yang paling sering cedera adalah ligamen krusiatum anterior (ACL). Jika ACL robek lutut menjadi tidak stabil dan bila dibiarkan serta tetap dipakai seperti biasa dapat menyebabkan cedera susulan pada struktur dalam sendi lainnya seperti meniskus atau tulang rawan sendi. Sebaiknya mas Iwan memeriksakan diri untuk dipastikan cedera apa yang terjadi. Biasanya diperlukan pemeriksaan MRI untuk memastikan cedera apa saja yang dialami mas Iwan. Jika memang betul ada robekan pada ligamen, pada pasien yang masih aktif dan masih ingin beraktivitas olahraga kembali, operasi rekonstruksi ACL merupakan pilihan yang dianjurkan.

Salam

Dr Edi Mustamsir


angga leonardo - , Dikirim: 20 April 2016, 1 tahun lalu
Isi Konsultasi:
Saya mengalami rupture acl, di kaki kiri. Saya berencana operasi. Kira2 brp persenkah keberhasilan operasinya? Berhubung saya sudah cidera 8 thn yg lalu.

Yth. Mas Angga,

Cedera ACL menimbulkan ketidakstabilan di lutut dan ligamen yang robek tidak akan dapat menyambung kembali. Sehingga bila dibiarkan lutut anda akan tetap tidak stabil. Pada pasien muda yang aktif berolahraga terutama olahraga yang banyak melibatkan gerakan2 pivoting atau cutting seperti basket, sepakbola, futsal dll, stabilitas lutut menjadi hal yang sangat penting. Lutut yang tidak stabil dapat memicu terjadinya kerusakan struktur sendi yang lain seperti meniskus (bantalan sendi) dan tulang rawan sendi yang pada akhirnya akan menyebabkan pasien mengalami kondisi yang disebut osteoarthritis atau radang sendi.

Setelah 8 tahun memang kemungkinan adanya bagian sendi yang mengalami kerusakan cukup besar. Namun hal itu perlu dibuktikan dengan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti foto dan MRI. Bila usia anda masih relatif muda dan masih aktif berolahraga, walaupun sudah 8 tahun, operasi rekonstruksi ACL kemungkinan besar akan menjadi pilihan utama dengan harapan lutut anda akan stabil kembali dan mencegah kerusakan sendi yang lebih berat. Operasi ACL sendiri sebenarnya adalah operasi dengan tingkat keberhasilan yang cukup tinggi asalkan pasien mau dan berkomitmen untuk melakukan latihan/fisioterapi yang intensif pasca operasi.

Untuk lebih jelasnya mas Angga bisa datang ke tempat kami untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih seksama.

 

Salam.

dr. Edi Mustamsir, SpOT


Patmono - Semarang, Dikirim: 16 April 2016, 1 tahun lalu
Isi Konsultasi:
Selamat malam dok, saya baru saja mendapat cedera hamstring pada saat bermain sepak bola. Ada suara "krem" pada bagian lateral hamstring dan terlihat cekung. Ketika diraba, seperti tidak ada tendon yang melekat di tulang fibula posterior. Rasanya agak nyeri. Tapi masih bisa berjalan walau memang agak sakit. Sampai 2 jam kemudian cekung nyA masih kelihatan. Justru sekarang yang terasa agak nyeri adalah bagian medial atau di tengah2 biceps femoris. Yang saya tanyakan, apakah tendon biceps femoris putus? Atau hanya terjadi robekan? Kemudian tindakan apa yang seharusnya saya lakukan? Haruskah dengan pemeriksaan ke dokter atau cukup saya terapi RICE? Terima kasih bantuannya Dok... Salam Patmono

Yth mas Patmono,

Cedera pada tendon hamstring memang sering terjadi pada atlit dan biasanya tidak memerlukan tindakan pembedahan. Untuk kasus mas Patmono bisa saja ada robekan pada salah satu otot hamstring. Biasanya dengan RICE, dan fisioterapi cedera hamstring akan membaik. Namun bila tetap didapatkan adanya keluhan setelah semua terapi tadi dilakukan sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk ditentukan apakah perlu pemeriksaan atau tindakan lanjutan.

Salam

Edi Mustamsir


ilham karimullah - malang, Dikirim: 10 April 2015, 2 tahun lalu
Isi Konsultasi:
Selamat pagi dok . Saya ilham dari malang mau konsultasi lutut saya hampir 4 bulan mengalami nyeri untuk tumpuan dan beraktifitas seperti naik tangga , lari , lompat, dan olahraga . apa itu ada hubungannya dengan tulang rawan / ligamen ? Mohon bantuannya dok karena saya ingin beraktifitas lagi dengan nyaman . Terimakasih banyak

Selamat pagi mas Ilham,

Nyeri lutut dapat disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena adanya cedera pada ligamen, bantalan sendi (meniskus), atau tulang rawan sendi. Untuk memastikannya perlu pemeriksaan yang seksama. Selain pemeriksaan fisik yang teliti, biasanya juga diperlukan pemeriksaan radiologi berupa foto rontgen atau bahkan MRI. Dengan itu semua, umumnya diagnosa dapat ditegakkan dan dapat ditentukan tindakan apa yang perlu dilakukan. Silahkan mas Ilham datang ke klinik kami untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam,

dr. Edi Mustamsir, SpOT


Yayan Farid - Malang, Dikirim: 20 March 2015, 2 tahun lalu
Isi Konsultasi:
Saya divonis cedera ligament ACL pada tahun 2012, karena saat itu saya tidak mampu menanggung beban biaya operasi jd saya urungkan niat. 1. Kira-kira saat ini berapa ya estimasi biayanya? 2. Butuh berapa lama masa recovery pasca operasi karena saya terikat pekerjaan? Apakah berbulan-bulan? Terima kasih

Mas Yayan yth,

Cedera pada ligamen crusiatum anterior (ACL) merupakan cedera lutut yang cukup sering terjadi baik karena trauma olahraga maupun karena trauma lainnya. Bila dibiarkan lutut menjadi tidak stabil dan dapat memicu terjadinya kerusakan lutut yang lebih berat, seperti kerusakan pada bantalan sendi (meniskus) dan tulang rawan sendi (cartilage). Pada pasien muda dan aktif biasanya diperlukan tindakan operasi. Operasi rekonstruksi ACL di Malang Sports Clinic dilakukan dengan tehnik arthroscopy, yaitu operasi dengan menggunakan sayatan minimal, luka operasi yang sangat kecil sehingga memungkinkan penyembuhan yang lebih cepat. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan datang ke Malang Sports Clinic.

Salam,

dr. Edi Mustamsir, SpOT


esti tri andayani - malang, Dikirim: 16 March 2015, 2 tahun lalu
Isi Konsultasi:
Dokter, tg 8 feb lalubsy jatuh terpelqeset di sebuah tangga pd acr pernikahan. Tangan kanan sy terkilir kemudian dibawa ke pijat alternatif. Sampai hr ini blm pulih dan jemari sy terasa kaku sulit menggenggam. Kalo dibandingkan dg tangan kiri nampak bengkok. Apa yg hrs sy lakukan? Kira2 brp biaya pengobatannya? Terimakasih

Mbak Esti yth,

Untuk memastikan apa yang terjadi dengan tangan mbak Esti, tentunya diperlukan pemeriksaan dahulu, baik pemeriksaan fisik dan mungkin juga xray. Tindakan selanjutnya akan tergantung pada apa yang ditemukan pada pemeriksaan. Silahkan datang langsung berkonsultasi ke tempat kami. Terima kasih

Tim Malang Sports Clinic


Bismo - Pandaan, Dikirim: 08 September 2014, 3 tahun lalu
Isi Konsultasi:
Selamat pagi dok, saya ingin menanyakan masalah tulang dan sendi. Kakak saya mengalami kaku pada tulang sepanjang sendi lutut dan kakinya, setelah dilakukan pijat alternatif berkali-kali belum menunjukkan hasil signifikan, kaku di sini dalam artian tidak sakit tetapi susah digerakkan dan susah menopang tubuh meskipun masih bisa berjalan. Kaku ini sudah sekitar hampir 2 tahun, menurut terapis terjadi penggumpalan darah pada kaki kakak saya karena sewaktu kerja memang berdiri terus-memerus dalam waktu yang cukup lama. Kami belum mencoba untuk berkonsultasi ke dokter spesialis ortopedi atau semacamnya karena di daerah sekitar sini belum ada dokter spesialis dan masih belum tau akan menghabiskan biaya berapa. Saya di sini mohon pendapat dan saran dokter. Menurut dokter kelainan apa yang dialami tulang dan persendian kakak saya dan langkah tepatnya bagaimana. Terima kasih banyak atas bantuannya.

Mas Bismo yth,

Dari cerita mas Bismo tampaknya kakak mas Bismo mengalami masalah pada lutut dan tungkai bawah. Namun informasi yang kami dapat dari cerita mas Bismo masih belum cukup untuk menarik kesimpulan untuk sampai pada suatu diagnosis. Karena untuk itu diperlukan data yang lebih detail baik dari keluhan subyektif pasien, maupun temuan obyektif dari pemeriksaan fisik pasien dan pemeriksaan penunjang seperti foto misalnya. Karena itu jika mas Bismo berkenan, kakak mas Bismo bisa dibawa ke tempat kami untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih komprehensif dengan harapan dapat diketahui penyebab kondisi tersebut dan dapat dicarikan jalan keluarnya.

Salam,

Dr. Edi Mustamsir


Andy darusalam - Ponorogo, Dikirim: 17 January 2013, 4 tahun lalu
Isi Konsultasi:
Selamat Siang Dok, Dok, saya laki-laki umur 31th, bb 76kg, tb 170cm. Hoby adalah berenang minimal 1x perminggu, selama kurang lebih 2-4 jam. Namun beberapa minggu terakhir ini saya selalu merasakan nyeri yang sangat mengganggu diareal maaf "selangkangan" padahal sudah melalukan pemanasan sebelum berenang. Kebetulan gaya yang saya bisa maksimal dalam berenang adalah gaya katak. Saya kuat berenang 3-5 putaran sekaligus apabila menggunakan gaya tersebut. Namun apabila menggunakan gaya yang lain maka 1 putaran saja sudah memaksa. Yang jadi pertanyaan : 1. Apa ini bisa disembuhkan ? 2. Apa ini ada hubungannya dengan kesemutan yang akhir-akhir ini juga sering muncul apabila duduk terlalu lama ? 3. Apa saya harus beralih dengan olahraga yang lain ? Terima kasih Andy Darusalam

Selamat Siang pak Andy,

sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas pertanyaannya.

1. kata-kata bijak menyebutkan bahwa semua penyakit ada obatnya, yang paling penting diketahui dulu apa penyakitnya secara akurat dan benar. nyeri di selangkangan bisa bermacam-macam penyebabnya. jika pak andy sudah lama memiliki kebiasaan renang khususnya dengan gaya katak, seharusnya sih tidak ada masalah. justru semakin lama semakin memperkuat sendi pinggul karena terlatih secara rutin. bisa jadi ada penyebab lain selain faktor renang, itulah yang akan dicari oleh dokter. diperlukan pemeriksaan fisik dan mungkin pemeriksaan radiologis / foto. jika sudah diketahui maka akan direncanakan program penanggulangannya beserta program rehabilitasinya.

2. bisa iya bisa tidak, terjadinya kesemutan yang paling sering adalah karena tertekannya serabut syaraf tertentu yang bertugas mengirimkan rangsang pada daerah tersebut. ketika serabut syaraf tersebut tertekan (bisa oleh tulang pinggul kita) maka akan mengirimkan sensasi nyeri atau kesemutan menuju otak kita sehingga kita merasakan kesemutan.

3. untuk sementara lakukan dulu olah raga renang seperti biasanya namun kurangi intensitasnya. olahraga di dalam air justru lebih aman karena gaya dorong air mampu memberikan bantuan kepada tubuh kita untuk menyangga berat badan. untuk lebih jelasnya anda bisa baca artikel kami tentang Hydrotherapy


Budi Utami - Malang, Dikirim: 05 January 2013, 4 tahun lalu
Isi Konsultasi:
Malam dok. Nama saya utami, usia 40 th. Saya 2x keguguran, penyebab tidak diketahui. Tetapi kata dokter, rahim saya miring. Apakah untuk membetulkan letak rahim, saya ke dokter rehabilitasi medik?. Kalau tidak, saya harus ke spesialis apa dok? Trims infonya

Terima kasih atas pertanyaannya.

Untuk permasalahan tersebut, bu utami harus melakukan konsultasi ke dokter spesialis kandungan / SpOG. dokter rehabilitasi medik itu lebih kepada pengembalian/rehabilitasi fungsi-fungsi muskuloskeletal ( otot,tulang serta persendian). apabila keguguran ibu juga mempengaruhi faktor muskuloskeletal maka selain dokter kandungan, ibu juga harus berkonsultasi kepada dokter spesialis rehabilitasi medik.

semoga membantu



First <<  1   >> Last